Memberi DNS Pada Winbox

A. Pengertian DNS



      (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.

B. Maksud dan Tujuan

      untuk menerjemahkan atau mentranslasikan alamat ip menjadi sebuah nama domain dan juga sebaliknya. Contohnya saja alamat facebook.com, google.com, dan situs-situs lainnya merupakan alamat ip dari situs tersebut yang kemudian ditranslasikan menjadi sebuah nama domain.

C. Jangka Waktu

3 Menit

D. Alat dan Bahan
  1. PC / Laptop
  2. MikroTik
  3. Winbox

E. Tahap Pelaksanaan

1. Beri IP Address dan Gateway nya adalah Gateway MikroTik.
Method : Manual
Address : Add
    setelah itu Save

2. Masuk ke menu IP lalu pilih DNS


3. Pada DNS kita bisa memakai "IP" dari server "DNS" tempat kita berlangganan atau bisa juga memakai "DNS" publik contoh nya "Google" (8.8.8.8 dan 8.8.4.4), dan pada pembahasan kali ini saya memakai "IP DNS Google".
Server : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 
Allow Remote Requests : Beri tanda ceklis
Alllow Remote Requests adalah client yang terhubung ke routerboard kita tidak perlu lagi menggunakan DNS sebelumnya, cukup menggunakan dns yang ada pada routerboard kita, setelah itu Apply lalu OK.

 

F. Kesimpulan  

       Dengan memberi DNS akan mempermudah pengguna dalam mengakses situs yang kita buat. Secara umum manusia lebih mudah mengingat kata dari pada mengingat angka, karena itu para pengguna internet akan lebih mudah untuk mengingat alamat situs kita berupa nama domain daripada berupa alamat ip. 

Post a Comment